Wednesday, February 13, 2008, posted by JOHN F.PAPILAYA at 8:30 PM






Majalah Kartini 
Edisi: NO 2208 / 27 desember 2007-10 januari 2008

Penulis:Dian putriningrum




T
aman diatap rumah atau rooftop garden merupakan solusi cerdik untuk melakukan penghijauan di rumah dengan lahan terbatas. Pernahkah terpikirkan untuk menghadirkan kesejukan alami dengan cara itu ? Rumah keluarga Indra di Lampung ini dapat menjadi acuan untuk anda.



Konsep Taman Minimalis
Konsep taman untuk atap rumah yang teapt adalah bertema minimalis. Pada lantai balkon ditempatkan unsur kayu dan batu kerikil.sedangkan untuk memberi efek lapang dan luas, berbagai tanaman diletakan pada area sudut.

Untuk jenis pilihan tanamannya, pada prinsipnya tidak pandang bulu.Anda dapat saja menanam pohon yang di sukai, namun karena kondisi area di atas rumah, disarankan untuk memilih tanaman yang tahan haus. Dengan kata lain, tanaman yang sedikit membutuhkan air seperti jenis aglonema, kaktus,kucai atau lili bakung,sedangkan pada area belakang jenis tanamn bisa di buat lebih bervarisasi, misalnya bamboo atau palem.Apa tahapannya membuat Rooftop Garden ?

Poin-poin yang patut di perhatikan
Pertama, buta lapisan bertumpuk dari batu dan ijuk, lalu tanah, ijuk disini berguna untuk menahan tanah agar tidak hanyut bersama air, sedangkan batu untuk memberikan rongga pada tanah sehingga air dapat mengalir ke pipa pembuangan.Untuk tanamn yang akarnya dapat tumbuh merusak seperti bambu dan palem harus ditanam didalam bak.Dengan demikian pertumbuhan akar dapat terkendali.

Detail lain yang tidak kalah penting dalam membangun rooftop garden adalah kekuatan struktur bangunan.Pondasi harus benar-benar kuat dan mampu menopang tanah dan tanaman di atasnya.Pipa-pipa pengeluaran air pembuangan mesti lancar, bila tidak, tanah mengandung terlalu banyak air sehingga akar tanaman bisa membusuk.Untuk menyiram tanaman gunakan sprinkle, yaitu kran air yang dapat menghasilkan tetesan bak embun.

Taman minimalispun membutuhkan bentuk taman geometris dan permainan ornamen batu pada bak tanaman.kesan dinamis di dapat dengan memuat jalan setapak dari batu kerikil dengan pola pengaturan yang acak.Taman tampak bertambah artistik dengan menempatkan material kayu damar yang di fungsikan sebagai penghubung antara ruang didalam rumah dan taman. Menempatkan gazebo mini disudut taman juga alternatif yang cantik.Apalagi di hiasi dengan tanaman merambat yang menyejukan.Bukan mustahil gazebo ini menjadi area bersantai favorit seisi keluarga.Anda berminat ?