Friday, January 23, 2009, posted by JOHN F.PAPILAYA at 1:28 AM

Majalah :Idea Garden
edisi: ROCK GARDEN” 2008
Teks:elly/tgh

K
ehadiran elemen keras memberi nilai estetika pad ataman.PAduan aneka bebatuan dan craft atau art elemen membuat taman kering bakal makin menawan

Taman kering biasanya lebih banyak menggunakan komponen hard-material daripada soft-material.Karena softmaterial yang dipilih berupa tanaman yang tahan kering, maka elemen keras yang dipergunakan pun perlu menyesuaikan.

“yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan jenis material yaitu tekstur material ( halus atau kasar ), diusahakan tetap punya nilai keharmonisan dengan bentuk dan warna tanaman yang di gunakan” papar John F.papilaya, lanskaper.

Misalnya bila hendak menggunakan tanaman sukulen semacam kaktus yang warnanya dominant hijau, maka hard material yang dipilih sebaiknya yang warnanya kontras,misalnya warna merah atau putih.”tentu dengan memperhatikan keseimbangan estetika visual”ujar john yang menekuni dunia arsitektur lansekap sejak tahun 1991 ini.




Komponen hardmaterial yang biasa digunakan di taman kering antara lain aneka bebatuan,stepping stone, maupun ragam patung atau artwork.Bentuk dan warna yang dipilih menyesuaikan fungsi keberadaan batu itu di taman.Elemen keras di taman mempnyai beberapa fungsi.Antara lain sebagai bingkai komposisi taman dan juga sebagai penyeimbang komposisi tekstur pada tajuk.

Misalnya bebatuan yang diletakan sebagai border dipilih warna dan bentuknya yang sesuai dengan tanaman yang digunakan. Jika anda hendak menggunakan tanaman sukulen, lebih cocok menggunakan hard material yang halus.”sukulen karakter tajuknya sering simetris dan berkesan keras, sehingga lebih baik unsur hard material yang dipilih yang halus,misalnya pasir lombok atau batu split putih” papar john, lanskaper lulusan universitas Trisakti,Jakarta.

Hardmaterial juga berfungsi membantu menonjolkan ke eksotisan tanaman.Kalau tanaman yang digunakan Bromelia, maka lebih cocok dipilih bebatuan yang warnanya abu-abu atau gelap, Misalnya batu kali atau batu gunung,Bromelia akan terlihat menonjol dengan latar belakang warna gelap.”Karena batu yang berwarna abu-abu atau hitam akan menjadi backdrop ( latar belakang) yang baik. Kesannya akan meng-aksentuasikan warna dan bentuk Bromelia”papar John.

Selain itu,jika dilihat dari segi pemeliharaan, kehadiran elemen keras berfungsi sebagai pijakan saat pemeliharaan tanaman. Karenanya, dalam sebuah taman kerap dipasang steping stone untuk mewadahi kedua fungsi diatas.Sebagai pemanis dan pijakan juga jalur untuk menikmati taman.